jajanan jadul tahun 90’an

Snack Jadul Era 90-an yang Bikin Kangen

Pada era 90-an, anak-anak sekolah dasar banyak dimanja dengan jajanan-jajanan yang dijual di kantin maupun pedagang di depan pintu pagar sekolah. Masih ingat yang mana saja yang paling sering dimakan? Ini jajanan-jajanan era 90-an yang paling disukai.

Snack yang dulu menjadi kegemaran kita, sekarang sudah menjadi barang langka dan sulit ditemukan, sebagian besar sudah tidak beredar lagi di pasaran saat ini, kadang kerinduan akan masa anak-anak bisa terobati dengan melihat dan merasakan snack tersebut, sungguh suatu kenangan yang indah.

Gulali

Snack tradisional ini muncul di tahun 90-an dalam bentuk yang lebih variatif. Jika jaman dulu hadir dengan warna kecokelatan dan bentuknya cenderung monoton. Tahun 90an, gulali hadir dengan aneka warna dan bisa dibentuk sesuai permintaan anak-anak.

Permen Peluit

Permen berbentuk bundar dengan lubang ditengahnya ini bisa jadi peluit lho. Masih ingat cara pakainya?

 

 

 

Permen coklat payung

Permen Coklat Payung

Siapa yang nggak kenal permen payung yang nge hits ini? Permen ini dikemas dengan bentuk seperti payung dan dibungkus dengan pembungkus yang lucu. Ketika dibuka, Wovger bisa menikmati coklat. Yup, permen payung ini dalamnya bukan benar-benar permen melainkan permen coklat yang lezat.

Mie lidi

Mie Lidi

Huh hah huh hah huh hah.

Hayo ngaku siapa dulu yang megap-megap karena kepedasan makan mie lidi? Kamu ya? Kamu kan? Mie lidi tersedia dalam dua rasa, asin dan pedas. Kebanyakan dari kita lebih memilih yang pedas karena rasanya lebih unyu.

wkwkwkwk . . . . Kebiasaan setelah makan mie lidi, plastiknya pembungkusnya nggak langsung dibuang. Tapi dibalik dan disedot sampai bumbunya bener-bener abis – pengalaman penulis. Sungguh dosa besar kalau membuang plastik mie lidi yang masih banyak bumbunya.

Permen karet Yosan

Permen karet Yosan

Permen karet superlegendaris ini konon katanya nggak pernah ditemukan huruf N nya. Ada yang bilang kalau pabriknya sengaja nggak bikin huruf N. Sebenarnya, permen karet ini rasanya biasa saja. Berhubung harganya murah dan iming-iming hadiah, jadi deh banyak yang beli. Ngaku aja deh.

Chiki Balls

Chiki Balls

Salah satu jajanan yang masih bertahan hingga sekarang yaitu chiki balls. Chiki balls ada tiga rasa: coklat, ayam, dan keju. Manakah yang paling agan suka? Kalo saya sih sukanya yang rasa keju terus cara makannya nggak dikunyah tapi didiemin di mulut sampai chiki nya ngilang sendiri.

Chiki balls jaman dulu ngehits banget loh. Sampai-sampai para orang tua menyebut semua jajanan yang berpengawet dengan sebutan chiki.

“Jangan makan chiki banyak-banyak nanti batuk!”

“Duh mah, aku makan Taro, bukan makan chiki.” huahahaha . . .

Wafer Superman

Wafer Superman

Nggak tau ini wafer kenapa namanya Superman. Padahal superhero yang lagi ngehits saat itu nggak cuma superman. Ada Batman, Power Rangers, Kamen Rider, Saras 008. Tapi kenapa yang dipilih Superman ya. agan ada yang tau alasanya . . . ???

 

Es kue (es gemblong)

Es kue

Ada juga yang menyebutnya es roti. Es kue yang dijual warnanya persis seperti pelangi, merah kuning hijau. Es ini dikemas dengan plastik warna bening. Butuh pengorbanan besar pas beli karena ngantri dan berdesak-desakan sama anak kelas lain.

 

Es lilin

Es Lilin

Di beberapa daerah, es ini disebut dengan nama es lilin karena bentuknya yang menyerupai lilin. Panjang dan diikat di ujungnya. Persis seperti lilin dengan sumbu tali di tengahnya. Di daerah lain mungkin es ini memiliki nama yang berbeda.

Ada banyak varian rasa dan warna untuk es ini karena cukup mudah untuk membuatnya. Cara makannya ikatan karetnya dibuka dan disedot es nya atau digigit. Ada juga yang suka makan dari ujung plastik.

Es batu serut

Es batu serut

Kalo dipikir-pikir nggak ada yang istimewa dari jajanan ini. Cuma es batu yang diserut terus dikasih sirup warna-warni di atasnya sebagai perasa. Tapi entah kenapa dulu seneng banget minum es ini. Sensasinya lebih menyegarkan daripada minum soda dingin. Kalau di tempat agan apa nama es ini?

Balon tiup (sebulan)

Balon tiup

Sebenarnya ini bukan termasuk jajanan dalam bentuk makanan. Tapi jaman dulu kita rela merogoh uang dan nggak jajan demi membeli barang yang satu ini. Masih ingatkah agan sama balon yang satu ini?

Kebiasaan sebelum meniup, balonnya ‘dibasuh’ dulu dengan air liur. Habis itu kalo udah gde, balonnya ditempel ke muka seolah-olah jadi topeng.

Telur gulung

Telur gulung

Nggak ada yang tahu resep gimana cara membuat telur gulung agar telurnya bisa menggulung dengan sempurna tanpa cela kecuali abang penjualnya. Kelihatannya gampang banget bikin telur gulung. Pas dipraktikkan di rumah, ternyata nggak semudah apa yang dilihat.

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Snack Gulai Ayam juga nggak kalah ngehitsnya dari chiki. Rasa dan bentuknya juga hampir sama dengan chiki. Meskipun hanya memiliki satu rasa, snack ini tetap laris manis pada masanya. Oh iya, di bungkusnya juga ada tulisan “Berhadiah Menarik”. agan pernah dapat hadiahnya?

Mie Anak Mas

Mie Anak Mas

Mie yang nggak kalah hype-nya yaitu mie Anak Mas dengan icon legendaris gambar wajah anak perempuan dan laki-laki. Sebelum dimakan, bumbu yang ada harus dicampur terlebih dahulu. Kalau masih ada bumbu sisa, kita tuang di tangan dan dijilatin deh bumbunya. Siapa yang dulu sering dimarahin orang tua karena banyak makan mie Anak Mas?

Agar-agar yang dibungkus di dalam cup

Agar-agar yang dibungkus di dalam cup

Agar-agar manapun nggak ada yang seenak agar-agar di kantin sekolah. Entah apa campuran yang digunakan penjualnya hingga menjadi lezat sekali. Karena cup nya terbatas, setelah makan agar-agar, cup harus dikembalikan lagi sama yang jual. haha . . .

Permen Davos

Permen Davos

Permen Davos, permen mintnya anak-anak jaman dulu. Permen ini bentuknya mirip seperti pil dan warnanya putih. Pas makan permen ini, kita sering pura-pura kayak minum obat biar lebih dramatis gitu. Eh masih ada nggak ya yang jual permen ini?

 

Arbanat atau Rambut Nenek

Ini salah satu jenis arum manis yang sangat tradisional tapi masih dicari dan jadi favorit. Ada yang menyebutnya arbanat ada juga yang menyebutnya Rambut Nenek, karena bentuknya yang menyerupai rambut nenek-nenek.

 

Kue Koya

Tergolong snack tradisional, pada tahun 90-an, snack ini sering hadir dalam bungkusan kertas putih. Ada yang berbentuk bulat, ada juga yang kotak.

Potato Tube

Potato Tube

Potato Tube tergolong snack yang ‘mewah’ di masanya. Snack ini bentuknya seperti pipa berlubang di kedua ujungnya. Kalau makan snack ini nggak rela banget dimintain teman-teman. Harus sembunyi-sembunyi untuk makan snack mahal ini.

Permen Dreamy

Permen Dreamy

Permen berbentuk kubus dengan banyak rasa nggak boleh terlewatkan dari daftar jajanan 90-an. Bentuk yang berupa bantal kecil-kecil dan memiliki rasa yang enak. Permen Dreamy yang mana yang jadi favorit agan?

 

Potato Stick

Snack Jadul Tahun '90an
Potato stick ini termasuk snack yang lumayan berkelas di era 90-an. Chiki Balls juga sangat digemari karena rasa yang gurih

 

Pagoda Pastilles

Snack Jadul Tahun '90an
Pagoda Pastilles, jika pengen gaul dan di sebut anak gaul, bakal kurang lengkap kalo belom bawa ini permen dan pamerin ke temen-temen dengan gaya yang selangit, bagai menunjukkan status sosial di masa bocah-bocah 90-an.

Jagoan Neon

Snack Jadul Tahun '90anJagoan Neon, nah ini permen paling di gandrungi cowok-cowok jaman 90-an, disamping rasanya yang lumayan, jagoan neon memberikan warna pada lidah yang mengkonsumsinya, “weeeekkkk jagoan neon…jagoan neon tralalalaaa…. jagoan berwarna… weeekkk”, begitu kira-kira iklan di TV saat itu. Disamping memberi warna pada lidah, ini permen menyuguhkan hadiah berupa sticker. Lucu yah, tapi sekarang sudah sulit ditemukan!

Milk Chokolate

Snack Jadul Tahun '90an
Milk Chokolate, coklat ayam ini coklat yang lumayan murah banget, rasanya lumayan enak dan paling jadi idola di jaman itu, abis makan ini coklat, bungkus silvernya/almunium kertasnya dipasang ke gigi seolah-olah gigi palsu karena tertutupi oleh warna alumunium, lucu buat nakut-nakutin anak cewek dan menggona nenek-nenek wkwkwkwk. . ..

KRIP-KRIP

Snack Jadul Tahun '90an
KRIP-KRIP, biarpun isinya sedikit, tapi melihat bungkusnya, langsung terbang pikiran bernostalgia seolah-olah merasakan rasa yang di sajikan, asli ini benar-benar snack mie yang enak juga. Sudah jarang ditemukan, pengen rasanya menikmati snack ini lagi sama anak-anak dan keponakan-keponakan.

Nyam-Nyam

Snack Jadul Tahun '90an
Nyam-Nyam, ya begitulah nyam-nyam yang anda rasakan saat ini, tapi jangan salah, nyam-nyam termasuk snack jadul dan sangat digemari pada saat itu dan sangat berkelas, nyam-nyam bertahan sampai sekarang dan sering di temukan di toko-toko.

Sugus
Snack Jadul Tahun '90an

mungkin dia adalah prototype permen yang empuk dengan konsep buah-buahan yang dikemas modern, sangat terasa buahnya dan enak. Awas melekat di gigi. Bungkus sugus biasanya dikumpulkan dan dipakai sebagai mata uang dalam permainan pedagang-pedagangan oleh anak-anak, termasuk kita suka mengkoleksinya. Sungguh menyenangkan.

Metro Mie Goreng

Snack Jadul Tahun '90an
Metro Mie Goreng, generasi baru pengikut Anakmas, walau merek beda, tapi rasanya tidak kalah dengan Anakmas. Dulu sering beli di warung pojok gang, kalo disuruh belanja sayur sama ibu, sisa uang kembaliannya dibelikan snack ini, benar-benar masa indah.

Choki-Choki

Snack Jadul Tahun '90an
Choki-Choki, coba anda ke toko samping, masih banyak beredar coklat ini di toko-toko, walau jadul tapi hebat masih bisa bertahan sampai sekarang.

 

Nano-Nano

Snack Jadul Tahun '90an
Nano-Nano, adalah permen rame sejuta rasa, “Nano…nano…nano… rame rasanya!” begitulah yel-yel dalam iklan di TV, asli rasanya benar beda dengan permen kebanyakan, perpaduan antara gurih, manis, asin, dan asam.

Mr.Sarmento

Snack Jadul Tahun '90an
Mr.Sarmento, adalah permen jadul yang paling kita sukai dan teman-teman sukai, rasa mirip minuman A&W jadul, khas rasanya bikin rindu dan kangen untuk menikmatinya lagi

 

Permen Rokok

Snack Jadul Tahun '90an
Permen Rokok, isinya berupa tepung coklat, kalo pengen bergaya main koboy-koboyan jaman jadul, paling keren bawa pistol mainan dan bawa ini permen seolah-olah menjadi cowboy beneran.

 

Chiki Chocolate

Snack Jadul Tahun '90an
Chiki Chocolate, kurang tau yang jenis ini, soalnya kita dolo cuma tau yang jenis Chiki Stick dan Chiki Ball.

 

Astor

Snack Jadul Tahun '90an
Astor, dimanapun anda berada jika ada wafer stick, dari semua merek yang ada, pasti kita akan menyebutnya astor, padahal astor sendiri adalah merek dagang jadul

Gulas

Snack Jadul Tahun '90an
Gulas, permen asem dari buah asem, benar adanya rasa asam dan perpaduan manis sungguh menyenangkan di waktu panas dan siang hari menikmati permen ini sambil main layang-layang.

 

Davos

Snack Jadul Tahun '90an
Davos, permen gila super pedas untuk ukuran bocah-bocah seperti kami di waktu kecil, permen ini benar-benar jadul, sangat sulit sekarang di temukan.

 

Pindy Twist

Snack Jadul Tahun '90an
Pindy Twist, permen yang benar-benar menarik dengan warna warni bungkus dan isinya, kalo berangkat ngaji selalu bawa ini permen, bungkusnya dikoleksi dan dijadikan mata uang untuk main boneka-boneka an dan jual beli saat bermain sama teman-teman cewek waktu kecil.

Lucu dan imut ini permen. Sangat langka sekarang ini. Para pemilik toko yang menjajakan permen ini sudah pada meninggal. Jadi ingat kenangan dengan mereka dan kebaikan mereka.

Kopiko

Snack Jadul Tahun '90an
Kopiko, permen yang tetap bertahan sampai sekarang. Tidak perlu dijelaskan, ya begitulah rasanya, kopi banget.

 

 

Mentos

Snack Jadul Tahun '90an
Mentos, permen empuk rasa mint, termasuk permen jadul dan biasanya kakak-kakak yang suka bawa permen ini, biar gaul katanya, sekarang juga masih banyak ditemukan di tahun 2012 ini.

 

Lotte Gum

Snack Jadul Tahun '90an
Lotte Gum, permen karet merek ini paling sering aku beli karena kemasan yang lucu, rasanya gak begitu menarik tetapi gaya kemasan yang dulu membuat kita sering membelinya. Jadul banget ini permen dan gak ada yang jual sekarang. Generasi berikutnya, lotte mengeluarkan produk dengan hadiah robot yang di rangkai, benar-benar keren hadiahnya, pernah kami mengoleksi sampai 20 biji robot dengan berbeda karakter.

Pindy Mint

Snack Jadul Tahun '90an
Pindy Mint, “pindy mint…. dingin…dingin… tralalaaaaa… EMPUK!…” Kalo di ingat-ingat lucu juga lagu yel-yel iklannya, masih bisa ditemukan, tapi jarang sekali keberadaannya di toko-toko.

 

 

Butter Nut

Snack Jadul Tahun '90an
Butter Nut, permen kacang jadul, di isep dikit lalu di kunyah, generasi moderennya adalah permen ting-ting garuda. Ya, rasanya hampir sama.

Polo

Snack Jadul Tahun '90an
Polo, permen mint generasi penerus davos di jaman jadul, tetap Davos yang masih memimpin dengan rasa pedas yang hot, tp polo tidak terlalu pedas dan banyak yang suka.

Ting Ting Jahe

Snack Jadul Tahun '90an
Ting Ting Jahe, asli jahe jadul, kemasan jadul, plastik jadul, masih bisa ditemukan di toko-toko tertentu.

 

Golden Roundies

Snack Jadul Tahun '90an
Golden Roundies, jenis coklat yang berbentuk coin emas, jadul juga ini coklat.

 

 

Boyki

Snack Jadul Tahun '90an
Boyki, snack mie yang diremes dolo baru dibuka, taburkan bumbunya, dan kocok, siap menemani kami untuk menonton film Satria Baja Hitam dan Film Saint Seiya, kalo teman-teman cewek biasanya buat menemani nonton film Candy-Candy, Ranma dan film jenis lainnya.

Fruit-tella

Snack Jadul Tahun '90an
Fruit-tella, permen sebangsa dengan permen sugus, jadul juga ini permen.

 

Strawbery

Snack Jadul Tahun '90an
Strawbery, permen yang bungkusnya kecil-kecil dan isi yang imut, tapi rasanya agak lupa. Benar-benar terasa kembali kejaman dulu walau hanya melihat foto bungkusnya.

 

Cheetos

Snack Jadul Tahun '90an
Cheetos, sekelas dan berkelas seperti chiki ball, dengan banyak hadiah yang ditawarkan seperti Tazoz, Sticker, Keping Hologram dan lainnya.

Betapa indahkan kenangan-kenangan kita bersama mereka, snack yang dulu kita nikmati dan penuh kenangan tersebut, andakan sekarang masih ada, pasti kita bisa menceritakan hal tersebut kepada anak-anak atau keponakan-keponakan kita.

 

Tinggalkan komentar